Latest News

TIPS-TIPS MENGHAFAL AL QUR’AN

Senin, 25 Januari 2010 , Posted by Ponpes Al-Manar at 19.38

Al Qur’an adalah pegangan hidup kita, panduan dan pelita bagi manusia dalam menjalani hidup kita. Tanpa Al Qur’an hidup kita akan terasa hampa, gersang dan hidup bagaikan tak berarti.
Al qur’an itu untuk dibaca, dihafal, diahami dan diamalkan. Harus ada semangat, cinta pada diri kita semua terhadap Al qur’an. Dari rasa cinta itu akan mendorong kita sekalian untuk senantiasa membaca dan mengahfalnya. Adapun tips-tips mengahafal Al qur,an adalah sebagi berikut :
1. Ikhlash, Al Qur’an adalah kalam Allah . Ia adalah sebaik-baik dan semulia-mulia perkataan. Allah tidak akan menganugerahkan kenikmatan menghafal Al Qur’an kecuali kepada orang yang berniat ikhlash hanya untuk diriNya.Rasulullah bersabda: …………………………………………………………………………………...yang artinya : “Setiap amalan tergantung kepada niat dan setiap orang akan mendapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang ia niatkan.”(HR Al Bukhari)
2. Talaqqi dan musyafahah. Talaqqi adalah belajar secara langsung kepada seseorang yang ahli dalam membaca Al Qur’an, sedangkan musyafahah adalah melihat langsung bibir seorang yang ahli membaca untuk mengetahui makhraj (tempat keluarnya huruf), dalam hal ini Ali berkata kepada para Shahabt Rosulullah,………………………………………………………… Yang artinya: “Sesungguhnya Rosulullah memerintahkan kepada setiap kalian untuk membaca (Al Qur’an) sesuai dengan apa yang telah diajarkan kepadanya.
3. Menhafal disertai dengan tajwid yang benar.Adapun makna tajwid adalah memperhatikan hokum-hukum seperti Idgham, Idzhar, Ikhfa’ dan mad.
4. Memilih waktu dan tempat yang tepat untuk menghafal. Dalam menghafal harus menentukan waktu yang kosong tanpa ada pengganggu apapun, tempat yang tenang dan tidak ada sesuatupun yang bias memalingkan perhatian kita seperti gambar, tulisan, kitab majalah dll agar perhatian benar-benar focus.
5. Menentukan awal hafalan.Tidak ada peraturan khusus untuk mengawali hafalan. Kita bebas mengawalinya sesuai dengan kemampuan kta.
6. Membatasi jumlah ayat yang akan dihafal.Kemampuan seseorang menghafal al Qur’an adalah anugerah dari Allah.
7. Menggunakan suatu system misalnya, membatasi jumlah ayat,mengulangi ayat-ayat yang dihafal terkhir, menutup mushaf dalam mengulagi hafalan, kembali membukanya jika lupa, mengulangi beberapa kali ayat yang sudah dihafal sehingga yakin benar bahwa telah benar-benar hafal.
8. Menghubungkan ayat-ayat yang telah dihafal.
9. Setelah menyelesaikan hafalan satu surah, mintalah kepada orang lain untuk mendengarkan hafalan anda dan bacalah surah yang sudah anda hafal untuk melaksanakan shalat-shalat sunnah terutama shalat malam.
10. Mengulang hafalan sebelumnya.Luangkan waktu sehari atau 2 hari dalam sepekan untuk mengulang hafalan, jangan menghafal ayat baru di waktu itu, ketika anda mengulang hafalan tutuplah mushaf dan letakkan mushaf di depan anda dan mendengar kan surat-surat yang sudah dihafal dari kaset-kaset muratal tanpa membuka mushaf serta tetapkanlah waktunya jangan diubah-ubah.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar